Jumat, 15 Oktober 2010

Info Sakit Gula dr tanyasaja.detik.com

Sebab sakit gula prinsipnya adalah keseimbangan antara "input" dengan "output" gula terganggu. Kalo input berlebih, tapi bisa dimanfaatkan tubuh --> hasilnya bisa ok-ok saja. Kalo input kurang ato biasa-biasa saja tapi tubuh gak bisa manfaatin gula (baca : glukosa)--> hasilnya juga bisa tidak baik2 saja. Jadi sakit gula ato enakan kita bilang diabetes melitus -- DM -- sebabnya bisa banyak faktor.
Input yang berlebihan biasanya karena konsumsi glukosa yang berlebihan ato konsumsi makanan yg punya indeks glikemik yg tinggi (kalo kata iklan --- "karbo lagi karbo lagi"), stres dan obat jg bisa. "Stres" baik fisik atopun psikis bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon stres (biasanya kortisol) berlebihan, sehingga tubuh bisa bekerja lebih keras untuk memenuhi energi yg dibutuhkan, dengan memanfaatkan cadangan makanan di tubuh kita. Obat yg bisa bikin glukosa tubuh tinggi antara lain kortikosteroid (co: prednison)biasanya yg dikonsumsi lama.
Output/ pemanfaatan yg kurang bisa karena banyak sebab, intinya jika jaringan terutama otot tidak bisa memanfaatkan glukosa. Bisa karena insulin yg diproduksi kurang, ato jaringan sudah tidak peka terhadap insulin, sehingga tdk bisa make insulinnya. Produksi insulin antara lain berhubungan dengan penyakit yang dibawa sejak lahir, kerusakan pankreas (yg memproduksi insulin), ato gen/bakat/ keturunan. Jaringan tdk bisa manfaatin insulin antara lain karena kurang olah raga. Begitu kira-kira...

Ada 2 macam peny gula darah (Kencing Manis) :
  1. Type KM yg ketergantungan insulin, ini biasanya bawaan, dari lahir, atau juga org yg mengalami peny pada pangkreas (mis : tumor atau trauma yg merusak fungsi pangkreas). Jadinya pemberian insulin harus rutin dan seumur hidup.
  2. KM tidak tergantung insulin. Ini disebabkan oleh pola hidup yang jelek mis :
  3. Kurang olah raga (olah raga membuat gula/glukosa masuk secara aktif ke dalam sel dengan sedikit insulin hingga pangkreas tidak perlu bekerja keras memproduksi insulin)
  4. Pola makan berlebih
  5. Obesitas. Cadangan lemak sewaktu diperlukan u dirubah menjadi eneri, tapi membutuhkan lebih banyak insulin. Ini yg membuat org obesitas punya resiko lebih tinggi menderita KM.
  6. Keturunan. Riwayat klg menderita KM. Ini masih fifty2, krn tergantung pola hidup juga, tapi akan menambah kemungkina terkena bila dibarengi pola hidup juga.
 di sadur dari http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/94313-apa-penyebab-penyakit-gula-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar